#TanyaMaki: Bagaimana Mendapatkan Prospek Dengan Cara Online Dan Meyakinkannya?

Tanya (Q):

Dear Maki,

Maki waktu dari 0% ke SM maki capai dalam waktu sangat singkat itu gimana..prospeknya lebih banyak offline atau online..trus klo online cara dapat prospeknya gimana.. trus yakinkan prospek gimana... saya lemah banget disitu... pliss sharenya maki.

Terima Kasih, Wassalam

Jawab (A)

Halo Mbak :)

Menjawab pertanyaan dari mbak jadi mengingat-ingat lagi memori 4 tahun lalu dari 0% sampai SM dulu, ... hehehe. 

Dulu rekrut prospek online, bukan hanya dulu sih, tapi sampai sekarang. Kenapa online? Ya karena saya waktu itu ada keterbatasan yang tidak memungkinkan saya untuk bepergian dengan leluasa, kegiatan online sangat membantu. Juga waktu itu punya bisnis kue (makicakes) yg juga saya promosikan dengan cara online.

Cara memprospek online  bagaimana? Tentu dengan membuka komunikasi dengan prospek one by one. Tetep ngobrol satu persatu, ngobrol online. Sambil duduk di depan laptop, sambil mencetin keyboard BB, dsb. Ketika jualan kue komunikasi saya dengan pembeli juga online, via email.

Selanjutnya siapakah yang jadi target prospek? Lha, ... ini yang menarik :).
Sebelum menjadi member Oriflame saya sudah nulis blog, ada mamakintan.blogspot.com yang merupakan blog personal saya. Saya bercerita tentang daily activity, keluarga, dan hal-hal menarik lainnya. Blog walking, dan daari situ saya punya kawan sesama blogger. Kemudian ada blog chefwannabe.wordpress.com yang merupakan blog tentang dunia kue dan cerita jualan kue saya. Terus ada facebook. Kombinasi antara blog dan facebook yang membuat makicakes dikenal dan laris, alhamdulillah :). Ketika bergabung di Oriflame saya juga ngeblog. 
Nah dari situ lah awal prospeknya. Dari teman sesama blogger, teman di komunitas kue, sesama penjual kue online, customer kue saya, ... selain orang-orang di lingkungan dekat saya spt keluarga dan teman-teman alumni. 

Pertanyaan lanjutan bagaimana mendapatkan banyak prospek dengan cara online? Saat ini tentu lebih mudah. Tidak punya web personal bisa pakai facebook atau media social lain dan beriklan disana. Perkembangan media social yang pesat membuat penyebaran informasi menjadi makin mudah. Berpromosi juga makin mudah. 

Bagaimana meyakinkan prospek, terutama yang online? Yg pertama ya mbak yang harus yakin dulu. Yakin dengan perusahaannya, yakin dengan produknya, yakin dengan success plannya, dan yang paling penting yakin dengan diri sendiri. Mbak juga perlu tampil di online dengan "meyakinkan". Contoh tampil meyakinkan: sebagai konsultan Oriflame yang notabene adalah perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik ya masak upload foto di fb foto yang kucel, atau fotonya burem seperti foto yang dibuat dari hp jadul, hehehe. Ketika mempresentasikan tentang oriflame juga sampaikan dengan lugas, berbinar-binar dan percaya diri. Tidak ada kok kata-kata sakti untuk meyakinkan prospek :). 

Terakhir, saya kasih bonus 3 tips:

  • Kombinasikan blog dan social media untuk mengembangkan bisnis ini.
  • Follow akun soc med dari top leader di oriflame, atau siapapun yang menurut anda menginspirasi, amati bagaimana orang-orang tersebut "berkomunikasi" di social media dan ambil pelajaran dari situ. 
  • Be your self!
 

***

Jika teman-teman ada pertanyaan untuk Maki, sampaikan pertanyaan teman-teman di halaman #TanyaMaki.

 

 

Tulisan terkait yang bisa anda baca:

 

Share artikel ini