#TanyaMaki: Bagaimana Cara Mendapatkan Customer Dan Menawarkan Produk Oriflame?

Tanya (Q):

Maki, ... aku mau tanya, gimana caranya menawarkan produk oriflame ke orang lain?  Bagaimana cara mendapatkan customer?

Jawab (A):

Pertanyaannya saya jawab yang kedua dulu ya, gimana cara mendapatkan customer. Tentu ada banyak cara. Yg paling basic dulu deh. Kita lihat daftar nama contact di hp kita, pasti banyak kan? Daftar nama yang banyak itu sudah jadi calon customer yang bisa kita tawarkan produk oriflame. Pake WA kan di hp? Ada group alumni sekolah? group arisan RT, arisan RW? Itu juga calon customer. Atau tetangga disekitar rumah juga calon customer. Ada banyak calon customer disekitar kita, asal kitanya yang selalu membuka lebar-lebar mata dan pola pikir kita. Ini baru contoh di lingkungan terdekat kita. 

Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara menawarkannya? Tentu kita harus membuka komunikasi dengan calon customer. Bisa kita tawarkan satu persatu, bisa kita membuat sesi khusus untuk satu group. Misalnya group arisan di lingkungan RT, mbak bisa ajak untuk ngajari ibu2 arisan dandan mulai dari muka polos sampai jadi cantik siap pergi kondangan. Nah, dari acara belajar dandan akan muncul orderan-orderan, entah itu bedak, pensil alis, atau lipstik. Saya yakin lebih banyak perempuan yang seneng dandan dan tampil segar daripada tampil apa adanya. 

Contoh lagi, misalkan kita lihat teman kita yang kakinya pecah2 di tumitnya. Nahhh, itu peluang untuk menawarkan foot cream yang gunanya untuk menghaluskan kulit kaki. Contoh lagi, misalnya teman kerja kita (misalnya kita kerja di kantor) sering begadang, bagian bawah matanya terlihat gelap seperti capek. Nahh, ini peluang untuk menawarkan eye cream. Mbak bisa mengembangkan sendiri dari contoh-contoh diatas.

Selalu ada jalan asalkan mau open mind dan terus berusaha :)

***

Teman-teman yang ingin bertanya ke Maki bisa mengirim pertanyaannya di halaman Bertanya Ke Maki.

 

 

Tulisan terkait yang bisa anda baca:

 

Share artikel ini