Bangkit dari Zona Nyaman!

Di pertengahan januari lalu, saya sebagai mantan anak STM, kekeke (suer deh saya ngga sekolah SMU tapi STM, jiahahahaha), diminta mengisi acara di sekolah saya, mengisi materi entrepreneurship untuk adik-adik kelas 2 dan kelas 3. Pulang kampung deh, ke Malang, bawa sekeluarga. Repot ya? Iyaa beginilah saya, hahahah, mau kemana juga anak-anak harus dibawa, apalagi keluar kota, apalagi nginep, karenaa... mana berani saya sendiri, kekekek, biarin, udah gede juga, gak berani saya kemana-mana sendiri, hihihihi....

Jadi temanya adalah Kewirausahaan, karena STM saya yang saya sekolah 3 tahun disitu dengan jurusan IT, sampai akhirnya menikah dengan kakak kelas saya disitu yang juga jurusan IT, si paki, ternyata tidak membuat saya setia dengan IT, saya malah puter balik, yaitu menjadi BAKUL, kekekeke.... :p Saya punya bendera bakul kue customized design (susahhh nyebutnya hahaha), pokoknya kue yang semau2mu apa bisa dibuatin gitu deh, namanya www.makicakes.com.

Sebelumnya, saya ini bukan tipe yang bisa ngomong depan orang, heheheh, kalo disuruh nulis mah ayooo, nulis apa aja saya udah pernah, kecuali nulis skripsi, hahahaha *tutupmuka*. Nggak percaya ? liat saya kalo lagi arisan RT, ada ibu2 anteng di pojokan cuma senyum manis dan ngemil suguhan, itulah saya hihihhihi....

Tapi emak aplen saya mbak Astri selalu bilang "BANGKIT DARI ZONA NYAMAAAN!" Beliau yang sudah Sapphire Director ajaaa, dateng tuh di muka khalayak ramai, prospecting, dandanin... Ngadain homesharing di rumah, ngisi training di Oriflame Jogja, hal-hal yang sebenernya kalo duduk manis aja nggak usah begitu2 tetep kok puluhan juga mengalir rekeningnya, tapi atas dasar memberi contoh kepada donlen2nya, dilakuinlah itu. Hiyaaaaa, maafkan diriku emak, masih takut dan ngumpet, ya baiklah, artinya saya harus berani juga ah!

Nah judul materi saya waktu kasih pencerahan ke adik-adik kelas adalah "Rumahku Kantorku, berpenghasilan dari rumah dengan www.makicakes.com".

Slide demi slide, saya kasih lihat gambar-gambar kue, ada kue ulangtahun, ada cupcake, ada kue pengantin, dari kecil sampe gede gedeee gitu. Dikasih lihat juga harganya, dari cupcake yang 20ribuan, sampe kue pengantin yang harganya xxxxxxx.

Ketika sampe di slide, BAGAIMANA CARANYA?

Saya tidak menyampaikan hitung-hitungan modal, karena modal tidak terlalu penting, modal nomor 1 adalah BERANI MEMULAI.
Saya tidak menjelaskan apa ilmu yang harus dimiliki untuk jualan kue, karena ilmu bisa dipelajari SAMBIL JALAN.
Saya tidak menjelaskan apa alat yang harus dipunyai, karena secanggih apapun alatnya yang berperan adalah MANUSIANYA.
Saya tidak menjelaskan enaknya saja, tapi saya buka juga bagaimana melewati rintangan, satu per satu sehingga saya sampai di keadaan sekarang.

So bukan masalah berapa omsetnya, berapa keuntungannya, tapi bagaimana kita bersikap dalam menjalani prosesnya ketika kita sudah punya bisnis sendiri dan menjadi nahkodanya.



Adik-adik kelas saya pun mengikuti -ngeliat dari wajah2nya sih- antusias... :D Alhamdulillah, semoga bisa memberi sedikit masukan ya dek.... Sayapun masih belajar sampai sekarang.

Dari hari pertama kelas pertama saya gugup, eh ternyata kelas berikutnya, berjalan dengan menyenangkan! Besoknya juga menyenangkan! Cuma haus :D Ternyata berbagi pengalaman itu memang menyenangkan! :)

Besok sabtu, saya sudah janjian ketemuan sama temen-temen Oriflame saya, horeee!!! mau makan-makan bakso dong kita di rumah sambil ngobrolin rencana kerja di Februari. Diiihhhh MLM aja ampe segitunya! Eh yaaa tentuu lah yaa, kalo ngarep dibayar dengan harga profesional, maka kerjanya juga harus profesional, hehehe, harus fokus, harus menghargai prosesnya, menghargai pekerjaannya.... Berharap gaji besar tapi masih men"cuma"kan pekerjaan kita? Ah jangan yaa, semua pekerjaan membutuhkan totalitas kita....

Saya paham saya masih merintis,
Saya paham saya masih baru 4 bulan,
Saya paham saya masih dalam tahap belajar,
Kesulitan apapun artinya kita masih sedang belajar...
Kesetiaan kita di bisnis ini pun diuji, sama seperti ketika saya berhadapan dengan kegagalan2 di dunia kue, tapi karena cinta, tetap saya berdiri dengan bangga sebagai BAKUL KUE, semoga begitupun karir kita semua di Oriflame, bisa menjadi karir jangka-panjang, bisa menjadi masa depan, susah dan senangnya kita tegar menjalaninya. Dan ketika tiba waktu Diamond kita, kita pun ikhlas menjalaninya, hihihihihihi.... Masih jauh? tapi akan semakin dekat kalo kita tetap berjalan mendekat, dan akan semakin jauh kalo kita sendiri yang menjauh, nahhhhh!

Tetap semangat, menyiapkan diri untuk performance bulan Februari!! See you at the top!


---

Yulia Riani/Andri Wibowo
email : makidanpaki@gmail.com
FB Page : makidanpaki
BBM : 7571F860
LINE ID : dryae

Share artikel ini