tanyakan sama maki

Isi form dibawah ini untuk bertanya ke Maki tentang bisnis Oriflame. Nanti Maki sendiri yang akan menjawab pertanyaan yang anda kirim. Semua boleh bertanya, member maupun bukan member Oriflame.

Pertanyaan yang terpilih akan Maki tampilkan di blog dengan kategori tanya maki, tentu tanpa identitas atau disamarkan. Kenapa Maki tampilkan? Karena pertanyaan yang bagus akan berguna buat pembaca web lainnya yang dibenaknya punya pertanyaan yang serupa.

Berbagi tak pernah rugi :)

Nama *
Nama

Maki Q & A

Tanya (Q): Tentang Menyemangati Downline

Bagaimana cara membina downline biar tetap semangat?

Jawaban Maki (A):

Yang pertama tentu harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Apakah kita sudah yakin dengan bisnis Oriflame? Yakin bahwa apa yang kita impikan bisa terwujud disini? Apakah kita sudah dan selalu bersemangat dalam menjalankan bisnis Oriflame ini? Apakah kita selalu antusias dalam menjalankan bisnis Oriflame? 

Jaringan kita adalah cerminan dari diri kita. Kalau kita tidak semangat, jaringan dan downline kita juga akan merasakannya dan memberi efek ke mereka menjadi tidak semangat juga. Ketika kita kehilangan antusias merekapun akan sama. Energi dari semangat dan antusias kita akan terpancar dan mempengeruhi mereka. Yakinlah bahwa downline dan jaringan kita akan bisa merasakan apa yang kita rasakan.

So, yang utama harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. 

Jika disi sendiri sudah, saatnya membangunkan mimpi downline. Gali terus apa sih mimpi terdalam dari downline. Kenali apa yang menjadi kebutuhan dari downline tersebut. Orang akan semangat jika dia tahu apa yang dia cari, tahu apa yang dia inginkan. Dan dia tahu bahwa di Oriflame bisa mewujudkan apa yang dia cari dan inginkan. 

Bagaimana cari menggali dan mengenalinya? Tentu dengan komunikasi yang baik. Ajak ngobrol hal-hal kecil di sekitar dia yang membuat dia antusias. Biasanya dari situ kita akan bisa mengenali apa sih kebutuhan downline tersebut, apa sih  mimpi terdalamnya yang bisa jadi terpendam lama dan tersembunyi dibalik rutinitias? Dan yang paling penting apakah SUCCESS PLAN yang ditawarkan Oriflame bisa menjawab semua hal tersebut? 

Yang terakhir ... terus mencoba, jangan menyerah dan selalu open mind untuk belajar.


Tanya (Q): Tentang Rekrut dan Cara Cepat Jadi SM

Assalamualaikum Maki, ...

Maki waktu awal join oriflame apakah maki juga rekrut...ngajak orang join..atau mereka nyerahin diri sendiri secara maki udah famous banget di inet..trus klo dah join ke maki mereka di push atau nyadar sendiri dlm bekerja...trus mantranya apa mereka biar berusaha dari 0% ke SM dalam waktu singkat..answer pliss maki.

Jawaban Maki (A):

Waalaikumussalam Mbak :)

Kalau soal rekrut ya pasti juga rekrut, sama lah, saya pdkt juga sama prospek. Ketika diajak ada yang nolak dan ada yang mau. Bukan masalah famous kok. Akan selalu ada saatnya kita ditolak, tapi ketika kita jalan terus akan ada juga masanya orang tiba-tiba ingin diajak dan diajari oriflame-an. Hal tersebut memang diciptakan berpasangan. Ada penolakan, pasti ada penerimaan :).

Tidak ada mantra sakti mandraguna, hehehehehe. Cara biar cepet ya gali terus impian downline. Dan kitanya juga jangan lelah untuk bercerita impian dan latar belakang kita. Seringkali kita tidak tahu bagian mana dari cerita kita yang akan menginpirasi downline-downline kita, tahu-tahu downline sudah aktif sendiri. Itu seninya bisnis ini :D


Tanya (Q): Seputar jualan produk Oriflame

Assalamualaikum mba yulia, ... saya mau nanya 

Saya mau nanya seputar jualan oriflame mba, kan saya sudah nawarin ke temen2... saya pengen nya nawarin ke orang2 yang d sekitar kompleks tapi saya gak kenal mba yulia soalnya saya kan merantau .. saya juga kan seorang yang introvert pengen banget bisa berubah ,pernah coba waktu itu ,udah jalan kan tapi pas berhadapan langsung sama orang tiba2 down ,gugup juga ,udah beberapa kali tetep aja seperti itu.

mba yuli bisa kasih masukan gak supaya bisa berubah :) 

Jawaban Maki (A):

Waalaikumussalam Mbak :)

Pingin pede nawarin produk oriflame, gitu ya? Btw, sudah mencoba produknya dan melihat hasil dari pakai produknya? Misalnya, pingin diet sehat dengan nutrishake. Nah, harus coba dulu produknya, rasakan manfaat dan hasilnya. Atau ingin menjual skincare. Coba dulu, dan rasakan perubahan yang didapat setelah mencoba dengan teratur produk tersebut.

Untuk latihannya bisa dengan cara sbb:

  • Pilih produk yang akan jadi hero product.

  • Pelajari seluk-beluk produknya, ikuti training2 dan belajar dari manapun hal yang terkait dengan produk tsb.

  • Coba pakai dengan teratur dan rasakan perubahan yang didapat.

  • Dokumentasikan dalam note atau blog disertai foto kesenangan mencoba produk tsb, dan kesenangan ketika merasakan hasil dari produk tsb. Rajin menulis.

  • Dari rajin menulis, sharing dalam blog, notes atau status di sosmed ini akan membuat kita pede dengan produk tsb. Ketika sudah pede dengan produk tsb, akan lebih mudah bagi kita untuk merekomendasikan produk yang kita pakai untuk orang lain.

Practice makes perfect, tentu saja harus terus dicoba terus menerus untuk berhadapan langsung dengan orang. Sekali, dua kali, tiga kali, … lama-lama akan menjadi terbiasa.

Selamat mencoba :)


Tanya (Q) : Barang Out Of Stock 

Dear kak maki

Ada downline saya yang mengeluh tentang OOS, saya sudah beri pengertian kalo barang oriflame cepet banget abisnya. Karena musim member baru, karena member oriflame banyak dan bisa jadi ada masalah di bea cukai. Yang saya tanyakan faktor apa saja yang sering terjadi OOS dari pihak management oriflame??

Terimakasih kak

Jawaban Maki (A):

Halo mbak, 
OOS itu maksudnya ketika kita order barangnya habis ya... :) 
Sebenernya wajar dan pertanda bagus. 
Dan produk out of stock biasanya memang yang diskonnya besar. 
Di department store pun misalnya barang-barang yang punya tanda DISKON pasti yang pertama diserbu ya. 
Jadi sudah biasa bahwa produk yang diskonnya besar pasti diserbu pembeli, apalgi kalau Oriflame sudah terjamin kualitasnya bagus. Setiap bulan pasti ada saja yang didiskon besar. 

Nah yang penting gimana kitanya sebagai konsultan mengantisipasi supaya kita gak kehabisan produk yang kita inginkan. Yaitu dengan order di awal bulan. Dan selalu memantau Facebook Pagenya kantor cabang untuk memantau kalau-kalau ada restock, kalo ada, harus cepet-cepet ya ordernya. Jangan khawatir juga, karena produk Oriflame banyak dan bisa saling menggantikan, kalau yang kita inginkan habis, kita kasih rekomendasi ke customer produk lain yang kegunaannya sama, maka dari itu kita sebagai konsultan ini mesti menguasai ilmunya ya dengan mengikuti training online atau offline supaya menguasai pengetahuan produk dengan baik. 


Tanya (Q): Merekrut & Mendapatkan dukungan dari orang dekat

Saya ada di jakarta,baru di oriflame. Gimana caranya meng-rekrut yang mudah.Teman dari dunia maya dan di dunia nyata tidak ada yang mau/tertarik karna mereka tidak bisa menjual produknya dari oriflame,takut tidak laku dan tidak bisa.mereka hanya ingin liat sukses novi dulu baru mau gabung.

Mama dan abang di kampung halaman kasih dukungan,tapi pacar sama sekali tidak memberi dukungan. Terkadang saya patah semangat tidak ada yang bisa di ajak kerja sama.

Jawaban Maki (A):

Di jaringan kita, banyak sekali materi buat belajar yaaa... 
Jadi pertama kali yang kita lakukan setelah bergabung adalah banyak membaca dan selalu diskusi dengan upline. 
Ibaratnya kita sedang memulai bisnis kita sendiri, jadi belajar dari yang sudah sukses itu hukumnya wajib supaya kita bisa sukses lebih cepat. 
Yang perlu dilakukan adalah ketemuin dulu tujuan kita mau gabung di Oriflame itu apa sih. Mau bayar kuliah sendiri kah, mau bantu orangtua dengan kita mandiri gak minta uang lagi kah, nah tujuan itu harus ditancapkan kuat dalam hati ya. Jadi apapun tantangannya nanti, inshaAllah bisa kita lewati. 

Kalau dukungan, kalau buat Maki, pacar itu adalah itungannya masih orang lain yaaa, tidak ada ikatan apa-apa dengan kita, belum bertanggung jawab atas kita juga :). Kecuali kalau sudah jadi suami nah baru deh berhak melarang-larang :) 
Orang-orang inti dan keluarga yang  wajib kita bantu dan bahagiakan adalah nomor satu --> orangtua
Kalau kita gampang down, gampang menyerah, kasian orangtua dulu membesarkan kita juga gak pakai down dan gampang menyerah, padahal mungkin kita bandel dan banyak menyusahkan. 

Yuk jadi anak muda yang punya pikiran jauh ke depan, cetak prestasi buat keluarga dan orangtua. Walaupun orangtua tidak meminta, pasti mereka akan bangga punya anak yang mandiri dan berprestasi. Yuk cetak prestasinya lewat Oriflame :) 


Tanya (Q): menawarkan produk oriflame 

Banyak prospek yg akhirnya mundur stlh tau harga2 produk oriflame.mereka pesimis bs menjual atau menawarkannya ke org laen.gmn cara meyakinkan mereka biar bs optimis kl mereka bs menjual produk oriflame?

jawaban maki (A):

Cara paling mudah dan efektif adalah dengan memberi contoh yaaa... :) 
Kalau kita optimis, kita kasih contoh cara menjual, cara merekrut, jaringan juga inshaAllah akan mengikuti, dan demikian pula sebaliknya. Jadi kita dulu yang optimis dan kasih contoh yang meyakinkan, baru kita akan mudah meyakinkan orang lain. Sudah yakin dan optimis atau belum? :) Oh ya, sudah status yang di FB Page Maki (Yulia Riani/Andri Wibowo)? Kemarin saya posting cara menawarkan produk Oriflame. 


Tanya (Q): kenapa memilih bisnis MLM Oriflame

Ibu/bapak kenapa memilih bisnis MLM yang penuh dengan penolakan dan dianggap bisnis tipu-tipu ?

jawaban maki (A): 

Pertanyaannya bagus sekali... 
Kenapa yaa orang menganggap bisnis MLM itu bisnis penolakan... :) 
Padahal kalau kita mau kerja di kantor pun kita harus melamar kerja dan bisa ditolak. 
Kalau kita mau daftarin anak kita ke sekolah, ada kriteria umur, test, dll, dan bisa ditolak. 
Kalau kita buka toko, kita sudah promosi di depan toko kita kita jualan apa, tidak semua akan membeli, itu juga namanya ditolak. 
Kita mahasiswa yang menyusun skripsi, bisa jadi juga hasilnya ditolak sama dosen. 
Kita naik taksi aja, udah berdiri di pinggir jalan, nungguin taksi, kita yang mau bayar, bisa lho kita ditolak juga. 
Pernah ngajak temen kita makan, kita mau traktir, tapi beliaunya nggak bisa, nah ditolak juga namanya :) 

Penolakan itu  adalah sesuatu yang wajar yang kita alami sehari-hari, sadar atau tidak :) 

Tentu semua MLM tidak sama ya :). Ada perusahaan MLM murni seperti Oriflame ini, dan ada juga yang lain. Reputasinya tidak bisa disamakan. Jadi sebelum bergabung, wajib yaa kita cari tau perusahaan MLM seperti apa yang akan kita masuki ini, bagaimana produknya, perijinannya, sistemnya, dll. 

Kalau pengalaman pribadinya Maki dulu, sebelum gabung Oriflame via d'BC Network, Maki udah browsing berhari-hari mencari informasinya. Kalau perusahaannya sudah bagus, nah contoh keberhasilannya nyata atau tidak. Kalau nyata, tidak bisa dong ya kita sebut tipu-tipu... :) 

Maki punya upline yang orangnya nyata dan beliau sudah sukses di Oriflame, sudah mendapatkan apa yang dibilang Oriflame sebagai rewardnya, karena kepercayaan terhadap beliau, Maki bergabung, mengikuti arahannya, belajar dari banyak orang, sehingga bisa sampai Executive Director seperti sekarang. 
Reward-reward dari Oriflame pun sudah Maki terima, persis seperti yang dijanjikan oleh Oriflame di Success Plan.

Jadi, selalu lihat perusahaan yang akan kita gabung itu bagaimana, semua sisi harus dilihat, kemudian apakah ada contoh berhasilnya, bagaimana pribadi orangnya. 
Orang berfikiran negatif tentang bisnis MLM biasanya karena pengalaman buruk atau karena tidak tau/hanya menebak2 saja :)


Tanya (Q): membagi waktu dan menghadapi downline yang usianya lebih tua

Maki saya kan sudah punya downline tapi saya belum bisa maximal untuk koordinir. Karna saya masih kerja dgn shift yang gonta-ganti. Giliraan saya free mau belajar bareng mereka. Mereka ga ada yang respon. Giliran saya sibuk kerja banyaak yang ON. Saya kalo udah kerja gak bisa pegang hapee, karena pekerjaannya menuntut ketelitian, saya takut salah input data. Dan dengan umur saya yang masih 19 tahun ini, kadang keegoisan saya muncul. Downline saya juga ada banyak ibu2. Dan disalah satu nya ituu yang ngebuat saya mikiir bangeeet. Soalnya beliau selalu mempertahankan pendapatnya meskipuun salaaah. Saya serba sungkan. Saya suda konsul ke manager saya. Disuruh membiarkan saja. Mungkin maki ada solusi untuk permasalahan saya. Trimakasih kakak makiiii.

Jawaban maki (A):

Umur 19 tahun udah punya kesadaran untuk punya bisnis sendiri itu bagus sekali, merintis bisnis selagi muda, bayangkan nanti kalau sudah seumur Maki pasti sudah menikmati hasilnya ya, asal dikerjain dengan konsisten :) 

Di bisnis inilah kita akan dilatih untuk bisa mengatur waktu, untuk bisa berbicara dengan berbagai macam latar belakang downline-downline kita. Yang artinya juga akan belajar sabar, belajar telaten, belajar untuk tegas sekaligus punya empati dengan downline2 kita. Umur bukan batasan. Walaupun masih muda bukan berarti kita tidak bisa membimbing yang umurnya lebih tua daripada kita. Maki juga downlinenya beragam kok :). 

Sampaikan dengan tidak menggurui, sabar dalam membimbing, karena kalau mereka sukses, artinya kita juga sukses.
Supaya downline2 kita tidak beralasan, kita dulu yang jauh2 dari alasan :) 


tanya (q): memotivasi diri sendiri

Mb maki, saya gabung di Oriflame sejak maret 2013. Saat ini level saya 9%. Saya pernah berada dilevel tertinggi level 12% desember 2013. Abis itu turun sempet ke level 3%. 

Saya akui saya masih kurang belajar, setiap dapat TDL dari director saya, saya jarang kerjakan. Kadang saya moody untuk menyapa jaringan. 

Bantu saya mb maki, agar saya bisa termotivasi lagi. Saya ingin bisa berhasil seperti mb maki. Jujur saat ini saya masih mengontrak rumah yang sebulan saya bayar 600ribu itu pun hanya 2 kamar yang tidak ada hawanya dan kamar mandipun rame2. 

Aku ingin sekali bisa BELIKAN RUMAH dan INGIN NAIKIN ALM. Mamah. 

Mohon motivasinya mb maki. 

Jawaban Maki (a):

InshaAllah bisa sukses kok mbak di Oriflame yaa… Tapi HANYA kalau keinginan membeli rumahnya LEBIH BESAR daripada keengganan menggerakkan diri untuk belajar, mengerjakan to do list dan mood2annya. Kalau dari ceritanya, mbak sudah sangat beruntung punya Director yang masih memperhatikan mbak untuk dibimbing. 

Kalau Orilfamenya sudah bagus, support dari uplinenya sudah baik, kita harus tau bahwa kalau kita mau berubah maka kita yang harus merubah diri kita dulu. Istilahnya “memantaskan diri” antara impian dengan kerja yang kita lakukan. Memang harus belajar dan melawan rasa malas yaa, kalau gak belajar dan mood2an hasilnya ya ga akan ada, impiannya sampe kapan akan jadi impian aja :) Anak sekolah aja mau ujian butuh belajar kan biar hasilnya baik, nah bagaimana kita yang butuh untuk sukses di suatu bisnis tapi tidak mau belajar caranya :) Bagaimana bisa? Motivasi tidak usah ditunggu datangnya dari orang lain, cukup apa yang kita rasa nggak nyaman dalam hidup kita dan mau kita ubah, itu sudah cukup jadi motivasi yang ga akan habis :) 


tanya (q): mempresentasikan bisnis mlm oriflame

Mbak maki bagaimana proses kita untuk mensosialisasikan bisnis MLM Oriflame ini karena begitu banyak nya bisnis MLM dengan segala program program visi dan misi nya.

Dan cara mengatur level semangat yang naik turun ketika utk menggapai impian itu spt apa? 

Jawaban maki (A):

Iyaa kalau kita udah terjun untuk bergabung di suatu bisnis MLM, kita harus paham betul perusahaan yang kita geluti bisnisnya itu seperti apa, latar belakang perusahaannya seperti apa, harus punya pengetahuan ya supaya tau bedanya perusahaan yang kita ikuti dengan perusahaan lain. Tak kenal maka tak sayang, iya kan :) Maka dari itu harus belajar dan ikutin training baik online atau offline, supaya ilmu kita nambah dan bisa menjelaskan ke orang lain. 

Untuk semangat, sebenernya gampang banget. Jawab pertanyaan ini, kita mengerjakan bisnis ini tujuannya untuk apa dan demi siapa sih? Kalau buat keluarga, ingat saja keluarga kita, kalau buat orangtua ya ingat saja orangtua kita. Sumber semangat itu gratis, dan sangat dekat dengan kita :) Bukan motivator yang bikin level semangat kita naik, tapi kita dan kebutuhan kita apa, yang akan menjaga semangat kita terus. 


tanya (q): pengiriman order oriflame keluar negeri

Dear Maki,  bagaimana menyiasati lambatnya penerimaan barang, mengingat saya sekarang ada di HONG KONG.

Sekedar cerita, barang baru bisa kami terima paling cepat 2 minggu setelah order online dan kebetulan saya juga punya team di Malaysia, dan barang baru bisa di terima sekitar satu bulan setelah order online, karna untuk menghemat biaya kirim ,kami harus menggunakan jasa pengiriman barang yang bukan setara dengan DHL ,itu artinya barang sampainya lebih lama.

Terimakasih untuk waktu yang Maki luangkan 

jabawan maki (a):

Halo mbak, wah hebat sekali ya dari luar negeri sambil menjalankan bisnis Oriflame!

Iya memang kalau di luar negeri nggak bisa ya Oriflamenya mengirimkan tapi kita yang harus kirimkan sendiri karena Oriflame hanya melayani wilayah Indonesia. Maki juga punya downline di luar negeri dan menurut mereka kalau dengan DHL memang mahal ya, jadi biasanya mereka menggunakan cargo. Bisa dicari infonya mungkin ya mbak, kalau disana ada atau enggak. 

Sukses selalu yaa dan semoga cepat bisa pulang ke Indonesia :) 


tanya (q): berjualan produk oriflame

Asslamualaikum kakak,,, salam knl.. Sy blm stu bln brgabung oriflame.. Bgaimana cra berjualnx sdh sya twr2kn smpai ksih diskon 20 prsn ttp tdk ad yg mw dg alasan hrgax sgt mahl, mklum di kampung. Sdgkan klw hrs tupo mmakai uang sndri trs trg gaji suami tdak cukup,,, trima ksih kakak atas ksmpatanx... Mohon bimbinganx..

jawaban maki (a):

Halo mbak, wah baru bergabung yaa, selamat datang di Oriflame yaa… 

Untuk tutup poin atau order ke Oriflame dengan jualan, kita harus pakai harga yang tertera di katalog ya, karena itu salah satu kode etiknya. 

Harga produk Oriflame itu beragam, ada “kelas-kelas”nya, misalnya buat make up yang terjangkau adalah seri Very Me, tapi kalau mau yang eksklusif bisa pakai yang seri Giordani. Itu membantu kita untuk menjangkau orang-orang yang akan membeli produknya, dilihat saja pangsa pasarnya bagaimana, calon pembelinya bagaimana :) 

Kalau tidak bisa mengalihkan belanja bulanan kita, ya jangan dipaksakan ya, kan kita berbisnis untuk cari uang tujuannya. Ya jualan lah, kalau di situ tidak ada yang membeli, ya pangsa pasarnya mungkin tidak tepat, carilah komunitas yang lain mbak. Banyak menawarkan, akan lebih banyak ilmu yang kita dapetin, nambah temen dan nambah jam terbang juga tentunya :) Jangan lupa juga, kuasai pengetahuan tentang produk sehingga pembeli bisa tanya jawab untuk menemukan produk yang mereka butuhkan ya. 


Sudah terjawabkah pertanyaan Anda terkait dengan bisnis Oriflame yang saya jalankan? Apakah Anda ingin bergabung menjadi rekan kerja saya?

Isi form dibawah ini


Kami SANGAT MENJAGA kerahasiaan data anda

Atau klik "Gabung Sekarang"